Selamat Datang di

GPIB BUKIT SION BALIKPAPAN

Selamat Bergabung Warga Sidi Baru!

Setelah mengikuti pendidikan katekisasi selama kurang lebih 1 tahun. Sebanyak 28 orang warga Sidi baru diteguhkan dalam Ibadah Minggu 20 Maret 2016. Sebelum itu dilakukan prosesi Baptisan Kudus untuk 1 warga jemaat Jellyva Geovana Loomeyer. Ke-28 warga Sidi tersebut adalah Felly Aliska Kaya, Michelle Virginia Rauw, Dwi Setiawan, Gabriel Pandapotan Sihombing, William Joshua Kennedy, Agung Nugraha Kevin Orlando Sinurat, Janoslan Hubert Sinaga, Karen Nabila Syahjida, Hriandita Trifena Eine Wibowo, Loureen Grace Lopulalan, Veronika Febriani, Carolina Nikita Sundalangi, Angelica Wina Graciena Slat, Oviane Tirsa, Gledys Apryllya, Felix Gerald Saragi Sitio, Jellyva Geovana Loomeyer, Yofrianti Indriani Lasut, Devi Merry Luntungan, Edelweiss Stefany Tomahawk, Taesya Veronica, Gladys Natasha Evangeline, Rivaldo Bodewyn Julian Worotikan, Mario Alpius Rattu, Cilvia Krismawati Rangian, Piesteo Fillimon Hengkesa, Excel Yosua Hengkesa,Harold Yonathan Runturambi.

Suasana khidmat yang mewarnai prosesi peneguhan sidi meningkat menjadi haru, terlebih bagi para orangtua saat melihat anak-anak mereka sudah dinyatakan dewasa secara rohani. Tidak sedikit orangtua atau wali yang menitikkan air mata saat anak-anak mereka meberikan sekuntum bunga mawar sebagai ungkapan terimakasih atas kasih sayang dan bimbingan yang mereka terima selama ini.

Sebelumnya, para peserta katekisasi ini mengikuti reatreat yang diadakan di waduk Manggar pada Jumat sampai Minggu, 11-13 Maret 2016. Pada tahun ini reatreat katekiasi diadakan gabungan dari empat jemaat, yakni Bukit Sion, Bukit Benuas, Immanuel, dan Pniel.

Setelah melalui prosesi peneguhan sidi, dan para warga sidi baru ini berhak mengambil bagian dalam Perjamuan Kudus Jumat Agung pada, Jumat 25 Maret 2016. Besar harapan para anggota sidi baru, yang saat ini mayoritas masih tergabung dalam pelayanan kategorial (pelkat) Persekutuan Teruna (PT), dapat terus aktif sebagai warga gereja dalam pelkat-pelkat berikutnya.

Setelah peneguhan sidi diadakan pengucapan syukur dari keluarga yang diadakan di ruang Yerusalem (gedung serba guna), yang berlangsung sampai sekira pukul 2 siang.

 

 

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

Prapaskah adalah persiapan sebelum Paskah. Masa Prapaskah adalah masa di mana umat mengenang dan menghayati kembali seluruh pelayanan Yesus yang penuh tantangan dan derita, yang dimulai dari Kaisarea Filipi sampai di Yerusalem. Oleh karena itu, masa ini adalah merupakan kesempatan untuk umat berpuasa, meratap, sadar diri, menyesal  dan bertobat.

Mengacu pada kesaksian Alkitab tentang masa pergumulan dan pertobatan, baik yang dialami umat Israel di padang gurun; Musa di atas gunung; Elia dalam perjalanan ke Horeb; Pertobatan orang Niniwe setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan terakhir Yesus yang berpuasa di padang gurun maka GPIB memperingati masa Prapaskah selama 40 hari atau Enam Minggu. Bahasa latinnya adalah Quadragesima (berarti ‘yang ke-40’); hari ke-40 sebelum Paskah. Minggu Prapaskah dimulai dengan ‘Rabu Abu’ (hari Rabu sebelum Minggu Prapaskah VI).

Oleh karena dinamakan Minggu Prapaskah maka perhitungannya adalah mulai dari Minggu Prapaskah VI dan seterusnya sampai Minggu Prapaskah I. Hal ini penting karena Jumat Agung atau peringatan Kematian Yesus Kristus terjadi dalam Minggu Prapaskah I. Jika dihitung menurut jumlah hari antara Rabu Abu dan Paskah, maka ternyata jumlah itu bukan 40, melainkan 46. Dalam hal ini, 6 Hari Minggu tidak termasuk karena hari Minggu tetap mengacu kepada Kebangkitan Kristus. Bagaikan enam oasis di padang gurun yang menjadi tempat untuk melepas lelah dan penyegaran untuk terus menjalani gurun kehidupannya, demikianlah 6 Hari Minggu dalam masa Prapaskah yang menjadi tempat persinggahan umat untuk memperoleh kekuatan agar tabah melangkah menjalani masa 40 hari sampai memuncak pada Hari Paskah.

 

Arti dan warna Logo :

-  Warna dasar :  Ungu Tua

-  Warna pinggir ikan dan huruf   :  Kuning

- Lambang / logo :  Ikan (ICHTUS)

 

Artinya : Tanda ini merupakan suatu Sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang sedang mengalami penganiayaan. Pada masa penyiksaan dan penganiayaan yang hebat itu mereka tidak bisa saling menyatakan diri sebagai pengikut Yesus. Karena itu, agar mereka tetap bersatu dan saling mengenal di antara mereka sebagai pengikut Yesus, dan terlebih tetap mengakui iman bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Juruselamat maka mereka menggambar ikan di telapak tangan mereka masing-masing.

 

ULANG TAHUN

 Majelis Jemaat GPIB Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN KELAHIRAN dan PERKAWINAN bagi Warga Jemaat GPIB Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan dari tanggal 25 Juni s/d 1 Juli 2017

HUT KELAHIRAN

25-Jun-17 SP
Sdri. Nidya Yolanda Hutagalung I
Ibu Lindawaty Tumanduk - M. I
Adik Koinonia Melody Seko I
Ibu Kelly Sien - Soehendra III
Bapak Pieter Evert E.Thenu IX
Bapak Wilmar Ruitang X
26-Jun-17  
Bapak Edward C.Mondoringin I
Bapak Nicholas Sumarno II
Ibu Sophie Anna Mait - W. III
Ibu Joice Unpapar - Lintong IV
Adik Griselda Ann M. Purba VI
Bapak Alek Sumarna VII
Ibu Lucia Sri Wahyuni H. Bando VIII
Adik Zevranius G. Pandiangan XI
Ibu Junita Lisa Mandolang - L. XI
27-Jun-17  
Ibu Jeany Evita S. Pangajow I
Ibu Sherly Marlin Koloay II
Bapak Rama Mamangkey III
Bapak Hulman Marpaung III
Sdr. Ricky Yohanes Sinyal V
Ibu Johanna C. L. Maukar - K. VIII
Ibu Ruslina Simanjuntak - P. X
Ibu Sylvia Janeke Latuny - H. X
28-Jun-17  
Ibu Yurieke Yuliana C. Mingkid II
Adik Ferry Christian II
Ibu Junita Indrawati Lumowa III
Adik Samuel J.Manossoh III
Ibu Theresia Kobis - T. VI
Ibu Heldina Saragi - H. VII
Adik Daniel B. T. Boengai VII
Ibu A. S. Andriani Prawoto VIII
Sdri. Katherina J. C. Kadarisman IX
29-Jun-17  
Sdr. Reinaldi Dirk Sampouw II
Ibu Renni Pangkey - D. VI
Adik Sidney A. Julio Pangkey VI
Bapak Joni Hara Simbolon XI
Adik Theresia Chaterine Jones XI
30-Jun-17  
Bapak Jufri Kaawoan I
Ibu Damaris Mondoringin - P. I
Sdri. Laureen G. Lopulalan V
Ibu Fietje Bangki - L. VII
Ibu Nurmaida Silalahi - S. VII
Adik Celine Angela Leticia VIII
Bapak Tom Jones Daniel XI
01-Jul-17  
Bapak Charles A. Enoch I
Ibu Hermilnia Koestansi Patty III
Adik Julia Oriana Wirati Sinaga III
Ibu Julita Juliana Setyawan - R. III
Sdr. Reza Faradani Soependi V
Ibu Yulitje Jelly Luntungan - Lasut VI
Ibu Juliana Haryanto - M. VI
Ibu Endang Sri Yulianti Ruru IX

HUT PERKAWINAN

26-Jun-17 SP
Salata - Sonia III
Metekohy - Ubro IX
27-Jun-17  
Waleleng - Runtuwene V
29-Jun-17 SP
Walelangi - Katuuk IV
Lintang - Umboh VIII
30-Jun-17  
Damanik - Saragih I
Oroh - Raturandang VI