Selamat Datang di

GPIB BUKIT SION BALIKPAPAN

KALENDER GEREJA

MINGGU ADVEN

 

ADVEN (Lat. Adventus) artinya ‘kedatangan.’ Istilah ini dulu kala dipakai umum dalam Imperium Romawi untuk kedatangan kaisar yang dianggap sebagai dewa. Adven juga terkait dengan masa penantian Mesias oleh umat Israel dalam Perjanjian Lama. Berdasarkan latarbelakang itu maka para pengikut Kristus memberi makna baru bagi ‘Adven’ yakni untuk menyatakan kedatangan Tuhan Yesus. Bagi mereka bukan kaisar, melainkan Kristus sebagai  Raja dan Tuhan yang datang. Bahwa Mesias yang dinantikan oleh umat Israel sesungguhnya telah datang dalam diri Yesus. Dia sudah datang dan akan datang. Itu sebabnya, Adven juga terkait erat dengan kedatangan Yesus Kristus pada akhir zaman.

Adven dirayakan selama 4 (empat) Minggu sebelum Natal. Karena itu, Minggu-minggu Adven merupakan masa persiapan bagi orang Kristen untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus, dan kedatangan-Nya itu dipahami adalah pertama kali dalam bentuk bayi Yesus yang lahir di kandang Betlehem, yang dirayakan pada Hari Natal.

Simbol Minggu Adven, seperti terdapat pada kain mimbar dan stola GPIB, adalah Jangkar – Salib dengan warna dasar Ungu muda

Arti:

Simbol Salib - jangkar dipergunakan oleh orang Kristen mula-mula yang tinggal di kotakombe-kotakombe. Sebenarnya simbol ini merupakan warisan dari bangsa Mesir kuno, namun dikemudian hari ia menjadi simbol universal yang menunjuk pada penantian yang penuh pengharapan. Pengharapan adalah sauh (jangkar) yang kuat bagi jiwa kita. Dengan pengharapan dan iman, orang percaya tetap menanti kedatangan Yesus Kristus. Sebab Dia akan datang untuk membebaskan orang percaya dari segala penderitaan yang mereka alami.

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

Prapaskah adalah persiapan sebelum Paskah. Masa Prapaskah adalah masa di mana umat mengenang dan menghayati kembali seluruh pelayanan Yesus yang penuh tantangan dan derita, yang dimulai dari Kaisarea Filipi sampai di Yerusalem. Oleh karena itu, masa ini adalah merupakan kesempatan untuk umat berpuasa, meratap, sadar diri, menyesal  dan bertobat.

Mengacu pada kesaksian Alkitab tentang masa pergumulan dan pertobatan, baik yang dialami umat Israel di padang gurun; Musa di atas gunung; Elia dalam perjalanan ke Horeb; Pertobatan orang Niniwe setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan terakhir Yesus yang berpuasa di padang gurun maka GPIB memperingati masa Prapaskah selama 40 hari atau Enam Minggu. Bahasa latinnya adalah Quadragesima (berarti ‘yang ke-40’); hari ke-40 sebelum Paskah. Minggu Prapaskah dimulai dengan ‘Rabu Abu’ (hari Rabu sebelum Minggu Prapaskah VI).

Oleh karena dinamakan Minggu Prapaskah maka perhitungannya adalah mulai dari Minggu Prapaskah VI dan seterusnya sampai Minggu Prapaskah I. Hal ini penting karena Jumat Agung atau peringatan Kematian Yesus Kristus terjadi dalam Minggu Prapaskah I. Jika dihitung menurut jumlah hari antara Rabu Abu dan Paskah, maka ternyata jumlah itu bukan 40, melainkan 46. Dalam hal ini, 6 Hari Minggu tidak termasuk karena hari Minggu tetap mengacu kepada Kebangkitan Kristus. Bagaikan enam oasis di padang gurun yang menjadi tempat untuk melepas lelah dan penyegaran untuk terus menjalani gurun kehidupannya, demikianlah 6 Hari Minggu dalam masa Prapaskah yang menjadi tempat persinggahan umat untuk memperoleh kekuatan agar tabah melangkah menjalani masa 40 hari sampai memuncak pada Hari Paskah.

 

Arti dan warna Logo :

-  Warna dasar :  Ungu Tua

-  Warna pinggir ikan dan huruf   :  Kuning

- Lambang / logo :  Ikan (ICHTUS)

 

Artinya : Tanda ini merupakan suatu Sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang sedang mengalami penganiayaan. Pada masa penyiksaan dan penganiayaan yang hebat itu mereka tidak bisa saling menyatakan diri sebagai pengikut Yesus. Karena itu, agar mereka tetap bersatu dan saling mengenal di antara mereka sebagai pengikut Yesus, dan terlebih tetap mengakui iman bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Juruselamat maka mereka menggambar ikan di telapak tangan mereka masing-masing.

 

ULANG TAHUN

 Majelis Jemaat GPIB Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN KELAHIRAN dan PERKAWINAN bagi Warga Jemaat GPIB Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan dari tanggal 18 s/d 24 Juni 2017

HUT KELAHIRAN

18-Jun-17 SP
Sdr. Revon Arnold L.Wayong V
Adik Prynzkha L. A. Sim VI
Bapak Joko Haryanto VI
Bapak Jemy Hunitetu VII
Bapak Johny Y. Sendow VIII
19-Jun-17  
Adik Keira Claire A. Kawilarang VI
Adik Melisa Brenda Thendean VII
Ibu Linda Goenadi - Kosasih X
Bapak Christian R.Tangkilisan  X
Ibu Nelly Christie J. Kawung - I. X
20-Jun-17  
Ibu Tresye Trini Rauw - R. I
Bapak Alexander J. Apituley III
Ibu Luminar Aritonang III
Sdri. Angelia Merici Wungow IV
Bapak Frans Sinyal V
Ibu Yenny Wayong - Pelleng V
Sdr. Borneo Olyzius H.Sirait VI
Bapak Harmen J. Mamentu VII
Bapak Linsui Naibaho VIII
Ibu Ruth Syahriah Thenu IX
21-Jun-17  
Ibu Selvin To'Au I
Sdr. Parningotan P. Marbun I
Sdri. Novita Lyana Wongkar I
Adik Hendrik Arnold Liuw I
Adik David Gerrard Siahaan III
Bapak Jacob Jopi Matulessy IV
Bapak Gibson Saragi VII
Sdr. Rul Fanly Ruitang X
Bapak Irvan Nanda Tarigan XI
22-Jun-17  
Sdri. Theresia Vanda P.Kaligis IV
Ibu Leentje Karinda - Sakul VII
23-Jun-17  
Bapak Tumpak J.Hutagaol I
Adik Baskoro Hargono  II
Bapak Rudy Leonard Likumahua III
Sdr. Renaldy Jeremy J. Kaligis III
Adik Alvaro Filipo R. Waleleng V
Ibu Maya M. Rumeen - Manarisip VI
Ibu Priskila Faujiyah Tupanwael VI
Ibu Perida Lasut - Sawotong VIII
24-Jun-17  
Sdr. Febry Paath VII
Sdri. Agatha Amelia Huliselan VIII
Adik Nandito S.Lumbantoruan XI

HUT PERKAWINAN

18-Jun-17 SP
Kel. Sumajow - Pelealu VI
19-Jun-17  
Kel. Manalu - Gultom VIII
21-Jun-17  
Kel. Eko N. Mardiyanto - S. I
Kel. Tirayoh - Rabiah II
23-Jun-17  
Kel.Mandalika - Makianggung V
Kel. Marpaung - Djabain XI