Selamat Datang di

GPIB BUKIT SION BALIKPAPAN

KALENDER GEREJA

MINGGU ADVEN

 

ADVEN (Lat. Adventus) artinya ‘kedatangan.’ Istilah ini dulu kala dipakai umum dalam Imperium Romawi untuk kedatangan kaisar yang dianggap sebagai dewa. Adven juga terkait dengan masa penantian Mesias oleh umat Israel dalam Perjanjian Lama. Berdasarkan latarbelakang itu maka para pengikut Kristus memberi makna baru bagi ‘Adven’ yakni untuk menyatakan kedatangan Tuhan Yesus. Bagi mereka bukan kaisar, melainkan Kristus sebagai  Raja dan Tuhan yang datang. Bahwa Mesias yang dinantikan oleh umat Israel sesungguhnya telah datang dalam diri Yesus. Dia sudah datang dan akan datang. Itu sebabnya, Adven juga terkait erat dengan kedatangan Yesus Kristus pada akhir zaman.

Adven dirayakan selama 4 (empat) Minggu sebelum Natal. Karena itu, Minggu-minggu Adven merupakan masa persiapan bagi orang Kristen untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus, dan kedatangan-Nya itu dipahami adalah pertama kali dalam bentuk bayi Yesus yang lahir di kandang Betlehem, yang dirayakan pada Hari Natal.

Simbol Minggu Adven, seperti terdapat pada kain mimbar dan stola GPIB, adalah Jangkar – Salib dengan warna dasar Ungu muda

Arti:

Simbol Salib - jangkar dipergunakan oleh orang Kristen mula-mula yang tinggal di kotakombe-kotakombe. Sebenarnya simbol ini merupakan warisan dari bangsa Mesir kuno, namun dikemudian hari ia menjadi simbol universal yang menunjuk pada penantian yang penuh pengharapan. Pengharapan adalah sauh (jangkar) yang kuat bagi jiwa kita. Dengan pengharapan dan iman, orang percaya tetap menanti kedatangan Yesus Kristus. Sebab Dia akan datang untuk membebaskan orang percaya dari segala penderitaan yang mereka alami.

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

Prapaskah adalah persiapan sebelum Paskah. Masa Prapaskah adalah masa di mana umat mengenang dan menghayati kembali seluruh pelayanan Yesus yang penuh tantangan dan derita, yang dimulai dari Kaisarea Filipi sampai di Yerusalem. Oleh karena itu, masa ini adalah merupakan kesempatan untuk umat berpuasa, meratap, sadar diri, menyesal  dan bertobat.

Mengacu pada kesaksian Alkitab tentang masa pergumulan dan pertobatan, baik yang dialami umat Israel di padang gurun; Musa di atas gunung; Elia dalam perjalanan ke Horeb; Pertobatan orang Niniwe setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan terakhir Yesus yang berpuasa di padang gurun maka GPIB memperingati masa Prapaskah selama 40 hari atau Enam Minggu. Bahasa latinnya adalah Quadragesima (berarti ‘yang ke-40’); hari ke-40 sebelum Paskah. Minggu Prapaskah dimulai dengan ‘Rabu Abu’ (hari Rabu sebelum Minggu Prapaskah VI).

Oleh karena dinamakan Minggu Prapaskah maka perhitungannya adalah mulai dari Minggu Prapaskah VI dan seterusnya sampai Minggu Prapaskah I. Hal ini penting karena Jumat Agung atau peringatan Kematian Yesus Kristus terjadi dalam Minggu Prapaskah I. Jika dihitung menurut jumlah hari antara Rabu Abu dan Paskah, maka ternyata jumlah itu bukan 40, melainkan 46. Dalam hal ini, 6 Hari Minggu tidak termasuk karena hari Minggu tetap mengacu kepada Kebangkitan Kristus. Bagaikan enam oasis di padang gurun yang menjadi tempat untuk melepas lelah dan penyegaran untuk terus menjalani gurun kehidupannya, demikianlah 6 Hari Minggu dalam masa Prapaskah yang menjadi tempat persinggahan umat untuk memperoleh kekuatan agar tabah melangkah menjalani masa 40 hari sampai memuncak pada Hari Paskah.

 

Arti dan warna Logo :

-  Warna dasar :  Ungu Tua

-  Warna pinggir ikan dan huruf   :  Kuning

- Lambang / logo :  Ikan (ICHTUS)

 

Artinya : Tanda ini merupakan suatu Sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang sedang mengalami penganiayaan. Pada masa penyiksaan dan penganiayaan yang hebat itu mereka tidak bisa saling menyatakan diri sebagai pengikut Yesus. Karena itu, agar mereka tetap bersatu dan saling mengenal di antara mereka sebagai pengikut Yesus, dan terlebih tetap mengakui iman bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Juruselamat maka mereka menggambar ikan di telapak tangan mereka masing-masing.

 

ULANG TAHUN

 Majelis Jemaat GPIB Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN KELAHIRAN dan PERKAWINAN bagi Warga Jemaat GPIB Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan dari tanggal 23 s/d 29 Juli 2017

HUT KELAHIRAN

23-Jul-17 SP
Sdri. Caren V. Y. Gultom III
Ibu Regina Rudolf - T. VIII
24-Jul-17  
Ibu Pemi Lumi - Rindangsili III
Adik Glen G. Sumampouw III
Adik Cornelia I. Benita  IV
Adik David A. Soependi V
Ibu Jola Ferida Tampubolon - T. VII
Adik Jeffrey D. Azio Lumentut VII
Adik Jeremy D. Felix Lumentut VII
Adik Stephanie Julia E. Turalaki VII
Bapak Sri Joko Wahono XI
Bapak James W. J. Ngantung XI
25-Jul-17  
Ibu Julia Emine Silvy Pangajow I
Ibu Jenny Anang - Torar II
Bapak Yudha C. Manossoh III
Bapak Jantje Awuy VI
Ibu Susanti VII
Sdr. Billy Leonardo F.Mongkaren VIII
26-Jul-17  
Bapak Yulius Dolly Dien II
Bapak Victor Renaldo Anang II
Ibu Diana Yuli Sampouw - S. II
Adik Daniel E. Sitanggang II
Ibu Emilia I. Sumampouw - S. III
Adik Firda Kasih III
26-Jul-17  
Bapak Vecky J. L. Suoth VI
Adik Fernando G. S. Sitio VII
Bapak Yudhie S. Bargowo VIII
Ibu Juliet Tamboeo - Jehu VIII
Sdr. Frits Pungus X
Sdri. Jeanet Ribka D.Nanlohy XI
Ibu Luisa Martje Pangau - M. XI
27-Jul-17  
Ibu Migda Lintang - Umboh VIII
Bapak Marco Joe A.Watung VIII
Adik Zefanya G. B. Sinaga IX
Adik Jack Christ Oley IX
28-Jul-17  
Bapak Karel Lumowa III
Ibu Julien Damaling - B. IV
Bapak Ishak VI
Bapak Jonli Reki Kula VI
Bapak Calvin Moddy Sambur VIII
Adik Jwita Vivian A. Naibaho VIII
Bapak Johannis Pandjaitan IX
29-Jul-17  
Sdr. Calvin Yosafa Toreh I
Ibu Jessica Palmira Sitompul II
Ibu Yolanda Warouw - Awen III
Adik Imily A. S. Tetengean IV
Adik Prince H. Christensen M. VII
Ibu Kristianik S.Pandiangan - N. XI

HUT PERKAWINAN

23-Jul-17 SP
Lumuko - Karouw V
24-Jul-17  
Oley - Wangania IX
Boenari - Asnah X
25-Jul-17  
Ratag - Sutadjab IV
Pangau - Tendean XI
Pangau - Makalew XI
27-Jul-17  
Anang - Nursaida III
Kotambunan - Martono VIII
29-Jul-17  
Heuvelman - Manoppo II